Kerlap Kerlip 2012

Ah sudah Desember, dan dalam hitungan hari tahun 2013 akan datang. Beberapa minggu lalu saya sangat berharap untuk dapat skip November dan Desember langsung menuju Januari 2013 karena bagi kami yang bekerja untukpemerintah, bulan November dan Desember itu seperti neraka. Semua proyek dan kegiatan sudah harus diselesaikan sebelum akhir kontrak, dan itu harus dilaksanakan dengan bermalam-malam lembur, merelakan setiap akhir pekan di kantor, memusatkan waktu di kantor, bulan November dan Oktober saya bahkan masuk penuh tanpa libur sabtu-minggu sekali pun. Tapi semua kerja keras ini berbuah manis pada akhirnya, yah seperti lagu Coldplay “Good things are coming our way di Up With the Birds”.

Tahun 2012 mengajarkan banyak hal bagi saya, di tahun ini saya mulai berani untuk berkata TIDAK kepada orang. Dulu saya sangat takut untuk berkata tidak, dan terpaksa melalukan apa saja untuk menyenangkan hati orang, terutama atasan. Tetapi akhirnya saya mulai berani berkata tidak dan mempertahankan argument saya, dan tidak terlindas begitu saja. Tahun 2012 saya jadi lebih mendalami dunia kerja, mulai mengerti politik benar dalam dunia kerja. Beberapa rekan saya memulai karier mereka dengan cara kotor, menyenangkan hati atasan dengan cara apapun—tapi itu sah-sah saja karena pada dasarnya politik memang digunakan untuk mencapai tujuan. Saya mencapainya dengan kerja keras—karena saya tidak terlahir dengan posisi status keluarga penting ataupun uang yang banyak untuk menyenangkan hati atasan. Tahun 2012 ini mengajarkan saya bahwa dengan kerja keras, bicara secukupnya dan mengedapankan hasil ternyata berbuah manis: dapat mengunjungi tempat-tempat yang bahkan tidak saya duga akan dapat dikunjungi: Guangzhou, Beijing dan Tokyo.

Sayangnya dengan terlalu sibuk di kantor pada tahun ini saya melewatkan banyak kesempatan beasiswa dan bahkan tidak punya waktu banyak untuk membuat application letter yang outstanding sehingga hasilnya tetap nihil. Padahal resolusi tahun 2012 saya adalah mendapatkan beasiswa ke luar negeri untuk belajar tourism management. Satu-satunya resolusi tahun 2012 yang tercapai hanyalah mendapatkan GFF Silver dengan mileage diatas 15,000. Simpel sih sebenarnya, tetapi bagi saya ini adalah pencapaian yang berarti—diilhami oleh film Up In The Air yang diperankan George Clooney—semenjak itu saya pengen punya mileage yang banyak. Semoga pada tahun 2012 nanti saya bisa mendapatkan mileage diatas 20,000 jadi bisa kayak George Clooney di Up in The Air yang punya mileage 1,000,000 gitu.

Aniwei, semoga 2012 ini benar-benar bisa ditutup dengan manis dan berharap terbaik untuk tahun 2013 mendatang.

at Sekolah Republik Indonesia Tokyo

 

visit to Sekolah Republik Indonesia Tokyo

Me and the Tokyo Tower

 

me and the magnificent Tokyo Tower

 

 

At Great Wall with -10 degree celcius

harus menutup muka dan telinga karena suhu -10 derajad Celcius tapi Great Wall memang benar-benar “Great”

Leave a Reply

