Random Thoughts about Life

Dulu ketika saya masih kecil saya sering membayangkan tentang saya yang sudah besar, yah let say umur 20-an. Pada saat itu saya akan mendapatkan kebebasan saya dan itu berati kebahagiaan yang luar biasa bagi saya, gitu saya mikirnya. Soalnya ibu saya tidak akan bisa lagi menyeret-nyeret saya untuk mengerjakan PR, atau belajar atau bahkan sekedar untuk tidur siang. Ketika saya masih kecil, dunia orang dewasa itu indah sekali sepertinya. Perempuan-perempuan dewasa berjalan anggun dengan balutan busana yang menarik, sepatu hak tinggi yang powerful, dan kemampuan finansial yang menunjang hidup mereka. Dulu saya ingin cepat-cepat dewasa.

Tetapi sekarang saya menyesal. Ternyata semua bayangan indah mengenai kedewasaan tidak sama persis dengan impian ketika saya masih kecil. Ternyata semakin tua usia saya, kadar masalah dalam kehidupan semakin besar dan semakin berat, begitu pula dengan tanggung jawab. Saya memang mendapatkan kebebasan dari orang tua ketika saya dewasa tetapi kebebasan itu muncul dengan bentuk pertanggung jawaban yang lebih berat. Saat ini saya bertanggung jawab penuh dengan diri saya sendiri, apapun keputusan yang hendak saya lakukan saya adalah orang yang bertanggung jawab penuh dengan itu semua.

Begitu pula dengan permasalahan hidup, ternyata semakin dewasa usia seseorang masalah yang menghinggapi pun semakin besar. Saat ini saya merindukan hari-hari dimana crisis of the day hanyalah dilemma untuk memilih tidur siang atau bermain-main diluar. Tetapi inilah hidup.

Ibu saya mengatakan bahwa hidup seperti roda pedati, kadang di atas tetapi kadang juga dibawah. Meskipun demikian, hidup tidak akan pernah ada dibawah, suatu ketika ia pasti akan membawa kita ke atas. Prinsip ini selalu menyemangati saya ketika hari-hari saya kelabu-suram-galau-dan ngga jelas. dan saya pun akan kembali mememukan kepercayaan dalam diri saya. Begitu pula dengan ketika saya berada dalam hari-hari terbaik saya, saya harus tetap mempersiapkan untuk hari-hari suram yang mungkin akan menjelang. Yah, karena bagaimana pun kehidupan memang seperti itu. 🙂

2 thoughts on “Random Thoughts about Life

Leave a Reply

