Belajar, Berlari dan Terbang!

 

Ah saya ngantuk sekali. Ingin rasanya cepat-cepat memarkir badan di kasur kesayangan dan segera terlelap. Tetapi saya harus menyelesaikan tulisan ini sebelum tidur. Saya harus segera menyelesaikannya sebelum terlupa dan tahun 2011 akan berlalu dengan biasa—tanpa belajar dari 2010. Ya, saat ini pukul 12.26 di hari pertama tahun 2011. Selamat datang 2011, selamat datang tahun baru, selamat datang hidup baru—dengan keberuntungan dan kebahagian yang baru. Saya berharap banyak dari 2011 ini.

Saya berharap bisa menjadi seseorang yang dapat diandalkan, terutama bagi keluarga saya. Menjadi sandaran yang menenangkan dan selalu ada, kapan pun dibutuhkan. Di tahun ini saya berharap bisa mendapatkan beasiswa S2 ke luar negeri—kemana pun itu nantinya. Kalaupun saya harus melanjutkan S2 di Indonesia, saya berhadap bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat saya, lalu berkembang bersamanya. Ah ya, berkembang. Satu kata yang simpel namun berat implementasinya.

Saya harus jatuh dan bangun—merasakan pil pahit untuk bisa berkembang. 2010 merupakan tahun yang menguji kedewasaan saya. Ada banyak masalah yang menguji kedewasaan saya. Begitu pula dengan beratnya tanggung jawab, yang sayangnya tidak bisa saya wakil kan kepada siapapun. Ada masa dimana saya meragukan kemampuan saya untuk bertahan. Ada saat dimana saya harus mati-matian untuk menahan tangis dan berusaha tegar. Ada waktu dimana saya ingin melarikan diri, sejauh-jauhnya. Tapi saya sadar bahwa ini hidup saya, sejauh apapun saya berlari, itu tidak akan pernah bisa menyelesaikan masalah.

Saya mencoba bertahan dan menghadapi masalah yang datang, seberat apapun masalah tersebut. Dan hingga saat ini pun saya belum sepenuhnya bisa keluar dari masalah-masalah tersebut. Tapi akan tetap saya hadapi bagaimana pun juga. Kenapa hidup harus sebegitu susahnya, ya Tuhan?

Hari ini saya berjanji akan kembali bangun dan memulai hidup baru. Menutup apa yang telah terjadi di tahun 2010, dan memulai hal yang baru. Mencoba peruntungan baru dan harapan baru. Mencoba mandiri dan tidak cengeng. Selamat datang 2011! Semoga semua impian saya tercapai di tahun ini, amin.

Leave a Reply

