Balada Pengangguran

Beberapa waktu belakangan ini saya sering mengumpat-ngupat karena tidak punya pekerjaan. Yah, gini nih nasib mahasiswa basi—udah ngga kuliah tapi belum wisuda juga. Hah. Beneran nothing to do, a k a totally jobless! Ini jelas bukan saya banget. Saya adalah orang yang suka bekerja, ini dan itu, dan senang sibuk di sana dan di sini. Widiw sombong ya? Beneran kok, saya tipe orang yang ngga bisa diem. Adik saya bahkan menjuluki saya mengandaikan saya sebagai pemburu di dalam keluarga. Di dalam bayangan adik saya, ayah adalah Raja, Ibu adalah ratu dan adik saya adalah puteri kecil, sementara saya adalah pemburu.

Makanya ketika harus terpaksa kehilangan semua kesibukan kuliah dulu saya jadi bete berhari-hari, berbulan-bulan dan sampai sekarang. Cih! Menjadi pengangguran adalah salah satu momok terbesar saya. Hasil yang paling jelas dari sindrom pengangguran adalah naiknya berat badan yang tidak terkontrol. Karenanya adik saya kemudian mengandaikan saya saat ini sebagai raja kukang yang gendut. Kukang adalah binatang pemalas tingkat tinggi yang hobinya tidur—sesuai dengan kegiatan favorit yang saya lakukan selama berhari-hari ini. Saya bahkan pernah terbangun dengan pusing luar biasa bak habis mabuk-mabukan dan gila-gilaan sepanjang malam. Bukan karena mabuk sih, tapi karena kebanyakan tidur—sleeping hangover.

Dan ritme hidup saya pun saat ini mentok pada hal-hal yang itu-itu saja. Saya juga cenderung menjadi pemalas yang suka menunda-nunda kerjaan. Procrastinating kalo istilah inggrisnya. Seperti sekarang ini, harusnya saya membereskan kamar yang sudah sebelas dua belas dengan kapal pecah, menyetrika baju, dan yang paling penting: mengerjakan revisi skripsi—eeeh, tapi saya malah kecantol nonton drama Korea. Ngga jelas banget. Ah yasudah lah, bagaimana pun memang harus dikerjakan bukan?

Umm.. tapi nanti saja lah, setelah habis nonton drama Koreanya! Lho?

One thought on “Balada Pengangguran

Leave a Reply

