Jatuh Cinta Lagi! :)

Saya pengen sekali sekolah di Belanda! Pengen sekali! Sumpah deh, saya belum pernah sepengen ini melanjutkan sekolah. Dulu-dulu sih perkara melanjutkan sekolah hanya karena keharusan, saya melanjutkan ke smp ya karena harus, melanjutkan ke sma ya karena harus, kalau tidak malu dong. Hanya karena kewajiban semata. Tapi tidak dengan ini. Saya pengen, PENGEN SEKALI sekolah master di Belanda.

Dan tidak tahu kenapa harus di Belanda, hahah aneh sekali. Tapi mungkin ini yang dinamakan jatuh cinta pada pandangan pertama, saya langsung jatuh cinta pada Belanda tanpa memperdulikan hal-hal yang lain. Kan katanya kalau jatuh cinta, you don’t sweat the small things, begitu pula dengan kecintaan-setengah-mati-saya-secara-tiba-tiba kepada Belanda.

Tapi setelah beberapa saat waktu berjalan, saya akhirnya menemukan alasan-alasan mengapa saya pengen sekolah ke Belanda, satu, saya pengen melanjutkan sekolah master saya di bidang HI. Tanpa mengecilkan universitas lain di negara lain, dan di benua lain, sepertinya pendidikan master dalam HI lebih baik yang ada di Eropa. Emang sih, ngga ada data pastinya, tapi demikian menurut beberapa sumber yang saya dapat. Ngga bosen tuh sekolah HI mulu? Yah, gimana dong! Sebenarnya ini juga keharusan karena persyaratan untuk jadi dosen, major SI dan S2nya harus sama. Jadi lah saya korban kebijakan baru ini dan terpaksa mengambil HI lagi sebagai major saya nanti ketika S2. Sebenernya pengen mengambil ekonomi atau studi gender gitu, tapi mungkin nanti ya untuk second master. Widiiiww.. sudah ngeces saya dengan mimpi-mimpi saya!

Kecintaan saya sama Belanda bertambah ketika mengentahui biaya yang harus dikeluarkan saat menempuh kuliah relatif lebih sedikit daripada di negara lain. Sedikit lebih murah apabila dibandingkan dengan negara lain seperti Perancis, Inggris, dan Jepang. Yah, walaupun semurah-murahnya saya pasti ngga bakalan berangkat tanpa full-scholarship sih. Tetep mahal juga kalau di kurs-in ke Rupiah. Tapi kan masih ada beasiswa, ada yang penuh lagi. Ada HSP untuk yang fresh graduate dan Stunned untuk yang udah kerja. Kalaupun saya gagal dapat HSP penghujung tahun depan (jangan dong, jangan dong, diterima dong diterima doooong, amiiiin amiiiiiinn!), saya bakalan daftar HSP lagi tahun depannya lagi. Heee.. ngarep amat yak? Ngga papa, soalnya limitation HSP adalah dua tahun setelah lulus, jadi secara teknis saya masih bisa daftar. Kalau belum dapat juga gimana? Kalau gitu, saatnya mengeluarkan plan B! yaitu mencari kerja dan bertahan selama dua tahun agar dapat apply beasiswa Stunned. Ya, soalnya requirements beasiswa ini mengharuskan applicant mempunyai pengalaman bekerja selama dua atau tiga tahun. Oke lah ya, ada banyak jalan menuju Belanda. Akan saya coba satu-satu! Hap!

Alasan ketiga yang bikin saya tambah jatuh cinta sama Belanda adalah karena universitasnya banyak yang reputable. Terutama dua yang menjadi incaran saya saat ini yaitu Groningen dan Leiden. Dua universitas top di Belanda dan di Eropa. Kemarin dulu ketika saya ikutan seminar mengenai beasiswa Belanda saya bertemu dengan consultan dari Groningen. Ketika saya utarakan keinginan saya untuk bisa masuk IR Groningen dia bilang pilihan yang sulit karena saking bagusnya jurusan itu. “only selected people, we only accept 20 student” waaawww! Keren ngga tuh. Mudah-mudahaaan, saya bisa menjadi salah satu dari ke dua puluh orang itu. Amin…amiiiin..amiiiinn…

Tuh kan saya jadi tambah banyak ngecesnya. Ah sudah cukup cas cis cusnya, saatnya mempersiapkan amunisi. Belandaaaaa, saya dataaaaaaaannngg!!!

doa dan harapan tahun ini: semoga tahun depan saya sudah di Belanda. amiiiinn! 😀

2 thoughts on “Jatuh Cinta Lagi! :)

Leave a Reply

