Bukan Sembarang Demam

Syit men, gw kena DB! Demam Berdarah! Dammit. Padahal gw lagi mid, ujian mid semester, for the sake of my happiness, kenapa gw musti sakit pas ujian mid. Anying banget! Gw mulai sakit terhitung tanggal 20 Oktober, dimana hari itu gw ujian strategi. Anying, malemnya gw ngerasa badan mulai kagak enak, ngilu ama pusing terus lemes. Gw kira masuk angin biasa, yodah gw tidur dan berharap besokannya gw udah segar bugar siap ngadepin ujian. Tapi perkiraan gw salah, jam 12 malem gw kebangun, kedinginan. Berasa dingin banget meen, ampe musti pake dua selimut dobel! Masalahnya ngga selesai disitu, jam 2 malem gw ngerasa pusing banget, ampe kepala mo pecah. Okay, kayaknya gw musti minum obat, padahal gw belum makan, dan galon aqua kosong belon diganti. Dammit. Akhirnya gw musti ngegotong tuh galon aqua, dan gantiin ke dispenser (padahal gw lagi teler, pusing berat sama lemes abis, heran masih bisa ajah gantiin galon) abis itu bikin oatmil trus minum panadol dan masih berharap bahwa keesokan harinya gw bisa sehat and ngerjain ujian. Tapi paginya gw malah tambah teler, tambah lemes, demam makin tinggi, badan ngilu abis otot sakit semua, anyiiinnggg. Gw bingung banget, udah mau mepet ujian. Badan lemes abis kagak bisa nyetir ke kampus, pusing berat pasti ngga bisa ngerjain soal. Akhirnya gw terpaksa sms anggia (and thanks to her, karena kebaikannya masalah gw terselesaikan, makasih giuuu… i love you), minta tolong bilangin dosen gw ngga bisa ikutan ujian. Untung temen gw baek banget, akhirnya gw bisa ngga ikutan ujian.
Sialnya lagi ye, gw sakit pas ngga ada duit. Di dompet Cuma tinggal lima puluh ribu doang, anyiing gw ngga bisa ke dokter. Terpakasa gw musti ke GMC, yah walaupun kata temen-temen sih ngga tokcer, musti gimana lagi, kagak duit! Syitt men. But i have to admit that pelayanan GMC itu lumayan bagus kok. Kan gw belum ngambil kartu GMC tuh, berobat pake KTM juga bisa kok. Obatnya juga lumayan manjur, terbukti demam bisa turun dalam tiga hari (padahal katanya kalo siklus DB demam bisa lima harian gitu). Kelar demam turun, gw ngira udah sehat. Langsung dong, maen kemana-mana. Tapiii, kok badan tambah lemes ye, lidah juga masih pahit jadinya kagak bisa makan, ini pertama kalinya dalam sejarah gw sakit dan ngga doyan makan, padahal biasanya walo sakit kayak gimana gw tetep punya nafsu buat makan, tapi ini kagak. Lidah pahit, ngga selera makan, jadinya kagak bisa makan, kalo pun bisa makan gw mual, terus muntah. Sama ajah dong, kosong lagi perut gw, tambah lemes dah gw.
Akhirnya gw sms temen gw anak kedokteran, nanyain apa gw musti cek darah ato kagak. Soalnya pas periksa pertama kali, dokternya bilang kalo dalam tiga hari demam kagak turun gw musti cek darah. Nah, kan demam gw udah turun tuh, jadi ngga musti cek darah doong (awalnya gw parno banget cek darah, kan musti diambil darahnya, serem meeen!)—jadinya gw memutuskan kagak usah cek darah. Tapi temen gw bilang “sapa tahu lo kena DB, cek ajah jeng!” weittss, kalo dipikir-pikir temen gw ada benernya. Akhirnya gw cek darah. Ternyata ribet banget cek darah, sebenernya bukan cek darahnya sih, tapi prosedurnya. Buat cek darah gw musti ambil kartu GMC, padahal udah siang. Gw bingung musti ngambilnya gimana, Rian lagi nganter nyokapnya ke Bethesda. Apa gw musti ke kampus sendirian ya? Haduh lemes banget, kagak kuat nyetir Blizky ke kampus. Terpaksa deh gw tega-tegain sms Rian buat nganterin ke kampus (maaf mamah, nyulik Rian bentar…). udah gitu ye, pas gw ke kampus ambil kartu GMC (jam 12 kurang seperempat) Fonya udah tutup. Ada bapak-bapak sih di depan FO itu,
“Pak saya mau ambil kartu GMC” gw udah pasang tambah memelas, sememelas mungkin biar bapaknya tau gw lagi sakit.
“lagi istirahat mbak FO-nya”
“tapi saya Cuma ambil kartu GMC pak, sebentar aja” pasang muka tambah memelas
“wah bukan bagian saya mbak” bapaknya ngeloyor pergi. ANJ*NG!!!! For the sake of morality, gw lagi sakit meeeeeeeeeeenn! Gw musti cek darah secepatnya! Anyyiiiiiing banget!!! Terpaksa gw balik lagi jam satunya buat ambil kartu GMC, lemes banget meeen, lagi sakit musti bolak balik kampus. Pas nyampe GMC udah lemes banget, itu juga udah pake diseret-seret sama Rian karena gw udah susah jalan (lebay hihiii..). di GMC dokternya sendiri juga sempet bingung karena demam gw udah turun, akhirnya gw cek RL dulu dan bintik-bintik yang tadinya samar-samar kelihatan jelas, terus dokternya panik, gw juga ikutan panik (ya iyalah…). dokternya langsung nulisin surat rujukan buat gw buat cek darah ke Cito. Dan dalam pertama kalinya gw beruntung gw punya kartu GMC karena buat cek darah gw cuma musti bayar 8700 doang meen, padahal harusnya bayar 50 ribu. Thanks God! Duit gw cukup. Tapii ya, tetep ajah cek darah itu.. ituu… wew gitu deh, sakit (sebentar doang sih, pas jarumnya masuk terus nyedot darah, bentar doang, semenit juga kagak ada) tapi tetep juga sakit.
Hasil cek darah keluar sejam kemudian, terus gw bawa ke GMC. Dokternya geleng-geleng kepala soalnya trombosit gw dibawah normal (normalnya 150 sampe 500 buat dewasa, trombosit gw Cuma 139), terus dia bilang “mbak ini mungkin DB, besok cek darah lagi ya?” WHAT? Cek darah lagi? Tangannya di tujes jarum yang panjang itu lagi? Terus diambil darahnya lagi? OMJ! Sakiittt….
Tapi mo gimana lagi, gw akhirnya cek darah lagi keesokan harinya. Kali ini Rian musti kerja keras bawa gw ke Cito karena gw lemes berat, masi belon bisa makan, dan masi lumayan pusing. Cek darah kali ini ngga beda dari kemarin, cuma ya, si dokternya pas mo nusukin jarum ke tangan kagak bilang-bilang, jadinya gw kaget. Sakitnya dobel dong, sakit kaget, sama sakit ketusuk jarum. Well, emang sih prosesnya jadinya cepet, tapi kan tetep ajah jantungan. Hasil cek darah yang kedua ini langsung dibawa ke GMC. Dan trombosit gw semakin turun dari kemarin (125). Dokternya pun akhirnya bilang, “mbak sepertinya anda kena DB, besok cek darah lagi ya?” gw udah pasrah. Oke besok gw cek darah lagi.
Ngga tau gara-gara lemes ato gimana, gw pasrah ajah denger vonis dokter. Gw sms nyokap suruh nelpon karena pulsa gw sekarat (top banget dah gw, udah duit nipis pulsa juga, crapp..). Nyokap gw itu yah tipenya panikan, beneran panikan! Jadi kalo gw kenapa-napa dia ngomel dulu (pasti ngomel dulu, lantaran sayang katanye). Jadi pas dia nelpon, gw sudah nyiapin diri buat diomelin. “Bunda, pipit sakit DB” bener kan, nyokap gw panik. Sepanik-paniknya, panik banget malah!!! Gw langsung disuruh balik saat itu juga. Gimana caranya coba? Gw kan lemes banget, kagak bisa nyetir maaah!
Pokoknya musti balik! Padahal gw belum minta surat keterangan dokter dari GMC, dan gw lagi mid. Pokoknya musti balik sekarang juga dengan cara apapun, titah nyokap gw. Akhirnya nyokap gw telpon sepupu gw, Adit yang kuliah di UNY buat nyetir Blizky dan bawa gw balik. Tapi si Adit yang hobi gonta-ganti no telpon susah banget dihubungin. Nyokap gw mulai hopeless, trus dia nelpon sepupu gw yang udah merit dan kerja di Jogja buat nyetirin mobil gw terus bawa pulang gw. Tapi dia ngga bisa nyetir malem2, padangannya kabur, serem abis deh. But sepupu gw ini baik banget, dia nengokin gw dikosan, terus pas ngeliat gw yang udah pasrah gitu dia memutuskan buat nganterin gw ke temanggung, padahal besoknya dia musti kerja pagi-pagi bener. Thanks God, gw punya sepupu yang baek banget. Akhirnya gw dibawa ke temanggung dan langsung ke UGD. Yep directly to ER! Nyokap gw udah nungguin di UGD “Nak, Bunda udah nungguin di UGD, kamu langsung kesini ajah” oowwww craaaaaaapppp, padahal gw takut rumah sakit. Sebenernya bukan takut, tapi trauma, sejak bokap gw sakit dan meninggal di rumah sakit, gw jadi anti sama rumah sakit, pokoknya kagak mo kesono. Tapi nyokap gw udah disono, apa mo dikata lagi? Meluncurlah gw ke UGD.
Lo tahu UGD kan, biasanya banyak pasien disono, apalagi kalo kecelakaan, berdarah-darah dong ya? Takut gw. Takut ngeliat apaan gitu yang berdarah-darah. Fiuh, untung samping gw kagak berdarah-darah (walaupun yah, begitulah), mana tempat tidurnya masih ada bercakbercak darahnya (bikin gw tambah parno).
Melihat hasil cek darah dan kondisi gw yang mengenaskan, dokternya bilang “kamu opname ajah ya” what?? Seumur-umur gw belon pernah dirawat di rumah sakit! Nginep di rumah sakit sih sering pas dulu nungguin bokap, tapi kalo dirawat? Syit meeen, gw masih traumaaaaaa!!!
Yang bikin gw tambah ogah lagi ya, gw musti di infus. Ituh jarum infus ituh, panjang beneer meeeen. Sakiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitttt banget pas ditusukin ke punggung tangan. Darahnya ajah ampe monjrot netes-netes ke lantai (well, ngga banyak sih, tapi emang beneran monjrot ampe jatuh ke lantai netes-netes gitu, gimana perasaan gw cobaaaa???) udah gitu gw musti di ambil darah buat cek darah. Untuk kedua kalinya dalam hari itu gw musti cek darah. Sakiiittt meeeeeennnn. Pasrah deh jadinya gw.
Sebenernya gw kasian ama nyokap kalo musti nungguin gw di rumah sakit, gw tau dia juga masih trauma sama rumah sakit. Makanya pas di rumah sakit gw berusaha keras buat sembuh secepet-cepetnya.
Gw dipaksa makan yang banyak banget ampe mo muntah, abis makanan rumah sakit kan itu-itu ajah. Bosen, kagak enak. Tetep ajah gw paksa masuk mulut, minum obat yang banyak, minum angkak (kagak tau tuh itu apaan, kayak beras merah gitu direndem aer panas, terus aer rendemannya yang kayak plastik gosong ituh musti gw minum, banyak banget meeenn, kagak enak! Trus minum jus jambu sama sawo ampe mabok, biar trombositnya cepet naek).
Sakit DB tuh beda ama sakit yang lainnya. Gw ngga ngerasa sakit. Setelah beberapa hari, demam gw turun, pusing mulai mereda, mual ilang, terus lemes juga udah mulai ilang. Gw merasa sehat. Sangat sehat malah. Pas ditanyain ama dokter, gw ngga ada komplen apapun terkait badan gw. Gw sehat meen! Tapi trombositnya turun terus. Ini nih fase kritis DB, fase pelana kuda. Justru pas demamnya turun itu fase yang paling bahaya. Karena si korban ngerasa sehat tapi trombositnya semakin turun. Kalo kagak ditangani bener itu bisa mimisan, sepupu gw malah ampe abis tujuh kantong darah gara-gara trombositnya turun! Untung sih gw ngga separah itu. Soalnya gw dipaksa minum angkak sama jus jambu tiap jam ampe gw mabok berat.
Gw mulai dirawat jumat malem tanggal 23 keluar hari selasa tanggal 27. infusnya boleh dilepas, yaaayyy ini yang gw tunggu. Di infus bikin tangan pegel banget, terus kayak bengkak gajah gitu deh, kagak bisa dibuat nekuk, tidurnya kagak bisa gerak-gerak (padahal gw kalo tidur berantakan, jadinya malah kagak bisa tidur kalo diinfus, abis musti anteng sih tidurnya), pokoknya kagak enak deh pas diinfus. Makanya gw seneng banget pas infusnya dilepas, walopun darahnya monjrot lagi, gw tetep seneng. Horeeee infusnya dicabut dan besoknya gw boleh pulang! Senang rasanya!!!! Ngga lagi deh sakit kayak begonoan. Capek, lemes, pusing, mual, rame rasanya! Heeeeeeehhh, mana timingnya kagak tepat, wrong disease at the wrong time (ya iyalah, sakit kan ngga pernah bener!). gw ogah sakit lagi. No moreeee!!!!!!

2 thoughts on “Bukan Sembarang Demam

  1. Cerita lo hampi mirip kaya gw, palg sakitnya pas ujian and mo periksa lab ga pegang duit. Cm bedanya lo ampe dirawat, gw ga..

Leave a Reply

