I hate (love) politics

Pada akhirnya nanti, saya akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Politik setelah berhasil menamatkah kuliah di Ilmu Hubungan Internasional UGM. Yup, sarjana ilmu politik. Padahal dulu ngga ada bayangan sama sekali bakalan belajar politik. and frankly speaking, i used to hate politics. But now i’m trying to love it, secara itu adalah field belajar saya.

Saking bencinya sama politik, saya selalu menghindari mata kuliah yang berhubungan dengan itu. Saya selalu mengambil mata kuliah yang tidak ada atau sedikit mengandung politik seperti ekonomi, keamanan dan konflik. Aneh ya? Saya ini adalah mahasiswa ilmu politik yang tidak tertarik mempelajari politik.

Anyway, saya sadar kalo ngga selamanya bisa menghindari dari politik. and finally pada semester ini saya memustuskan  untuk serius mengambil mata kuliah yang politikbanget. Hmm… ini sangat-sangat menjauhi zona nyaman saya (which is not politics). What i’m trying to say is, kadang kita harus keluar dari zona nyaman, karena mencoba melihat realita dari perspektif yang dibenci itu sangat berguna. Jadi tahu cara pandang yang lain.

Baiklah, mari kita bersemangat dalam semester ini!!!

🙂

Leave a Reply

