It isnt goodbye. Just a moment to see again.

Pada awalnya, Indonesia memiliki catatan yang buruk dengan Jepang. Hal ini terkait dengan penjajahan selama 3,5 tahun yang telah memakan banyak korban. Tapi puluhan tahun pun berganti, saat ini bangsa Indonesia telah membuka lembaran baru dengan bekerjasama dengan Jepang. Kerjasama ini juga udah merambah ke level akademisi, kayak yang terjadi di UGM. Tiap tahun ada kunjungan penelitian mahasiswa jepang dari ICU–International Christian University.

Tahun ini aku nyobain jadi LO (setelah kemarin jadi sekretarisnya). This is my second experience as LO for foreign student. Orang asing pertama yang aku LO-in namanya Souliya, diplomat Laos yang lagi belajar S2 di UGM. Tapi ngga susah sih nge-LO-in Souliya, soalnya dia udah bisa bahasa Indonesia dan aku punya partner yang bisa diajak kerjasama kalo ada masalah.

Nah, sayako ini adalah foreign student yang beneran foreign karena musti pake bahasa inggris. Iya sih, dia bisa bahasa Indonesia, tapi ngga banyak. Baiklah, karena mau belajar bergaul sama orang asing, kerjaan ini aku ambil.

Awalnya susah banget nge-LOin. Musti bangun pagi, ngga boleh telat, kadang belum sarapan, masih ngantuk trus nganterin kemana2 jalan kaki, capek banget deh! Mukaku sampe item loh! Kakiku juga gempor banget…

Tapi dibalik pengorbanan (dan kesebelan, hihihihi..), ada pengalaman yang sangat berharga. Dengan nganterin sayako aku jadi lebih taw jogja. Selama dua tahun hidup di jogja aku belum pernah ke Tamansari sama ke Imogiri loh. Pas nganterin Sayako kemarin itu kali pertama ke sana….

Akhirnya tugas nganterin sayako selsai juga, sedih sih. tapi ngga papa, its not goodbye. Pas farewell party juga ngga ada yang nangis. untung deh. Oia, farewellnya seru banget loh. Kami nyanyiin lagu doraemon (sumpah deh, ternyata lirik aslinya susah dinyanyiin), sama lagu jogjakarta. Trus mereka juga nyanyi doraemon tapi pake lirik indonesia (ini globalisasi doraemon bukan ya??), trus mereka nari, dan nyanyi kokoronotomo (lagu selalu dinyanyiin pas farewell).

Ngga terasa banget deh udah perpisahan. kayaknya baru kemarin deh, kami ribut milih partner jepang yang mau di LO-in. Trus kayaknya baru tadi deh, bingung mau ngajakin mereka kemana lagi. ternyata sudah harus berpisah.

But i guess this is not the end. This isnt goodbye. Cuz i believe that would be another day, that we can meet again. hmmm… jadi sedih deh.

 

“Don’t be dismayed at goodbyes. A farewell is before you can meet again. And meeting again after a moment or a lifetime is certain for those who are friends.”
– Richard Bach

Advertisements

2 thoughts on “It isnt goodbye. Just a moment to see again.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s